Akun Facebook Donald Trump Tetap Diblokir Tanpa Batas Waktu

  • Bagikan
Akun Facebook Donald Trump Tetap Diblokir Tanpa Batas Waktu
bitcoin

Sebarkan.info – Dewan Pengawas Facebook telah meninjau penangguhan Facebook terhadap mantan Presiden Donald Trump dari platform tersebut. Dan meskipun keputusan itu dikuatkan, Dewan telah menyatakan bahwa Facebook harus meninjau penangguhan karena itu bukan hukuman yang pantas.

Penangguhan Akun Facebook Donald Trump

Karena komentarnya tentang insiden Capitol pada 6 Januari, Facebook menangguhkan Akun Facebook Donald Trump dari platform tersebut pada 7 Januari 2021. Secara khusus, komentar Facebook dalam dua artikel tersebut adalah “Kami mencintaimu. Kamu spesial”, “Great Patriot” dan “Selalu ingat hari ini.”.

Secara khusus, Facebook menemukan bahwa komentar tersebut melanggar kebijakannya yang melarang pujian atau dukungan bagi orang-orang yang terlibat dalam aktivitas kekerasan. Pada saat itu, Facebook mengatakan akan menangguhkan Akun Facebook Donald Trump “tanpa batas waktu”, tetapi “harus menunggu setidaknya dua minggu sampai transisi kekuasaan selesai”.

Dewan direksi memutuskan dalam putusan bahwa pernyataan Trump secara serius melanggar standar komunitas Facebook. Lebih lanjut dinyatakan bahwa, mengingat keseriusan kejahatan dan risiko kekerasan yang terus berlanjut, masuk akal bagi Facebook untuk mengambil tindakan tersebut. Keputusan Facebook diterapkan.

Namun, dewan direksi memutuskan bahwa penangguhan Facebook tanpa batas waktu tidak pantas.

Sejak keputusan tersebut, ada banyak reaksi atas keputusan ini di media sosial. Pengguna di kedua sisi sengketa menyebutkan bahwa putusan itu salah, baik karena mereka yakin Trump seharusnya tidak dilarang, atau karena dia tidak boleh kembali ke Facebook.

Artikel Menarik Lainnya :  Laptop Gaming Terbaik 2021 - Asus ROG Zephyrus G15
Akun Facebook Donald Trump Tetap Diblokir Tanpa Batas Waktu

Langkah Selanjutnya Facebook

Karena Dewan Pengawas percaya bahwa penangguhan tanpa batas tidak pantas, mereka mengatakan kepada Facebook bahwa mereka harus mengevaluasi kembali keputusan tersebut. Dewan direksi memutuskan hal ini setelah mengevaluasi penangguhan Akun Facebook Donald Trump tanpa batas dari setiap pengguna yang tidak mengikuti prosedur apa pun.

Dalam enam bulan, Facebook perlu menilai kembali penangguhan tersebut dan memutuskan hukuman yang lebih sesuai. Dewan pengawas mengatakan bahwa hukuman harus didasarkan pada “keseriusan kejahatan” dan “kerugian yang mungkin ditimbulkan di masa depan.”

Facebook sekarang perlu memutuskan hukuman lain untuk Trump. Apakah itu memutuskan untuk menghapus atau memulihkan akunnya, perusahaan harus menerapkan aturan dan rekomendasi dewan untuk keputusan itu

Dewan Pengawas juga membuat banyak rekomendasi lain untuk Facebook, seperti meninjau peran platform dalam insiden 6 Januari dan merumuskan kebijakan terkait tanggapan Facebook di masa depan terhadap insiden serupa.

Apa Itu Dewan Pengawas

Dewan Pengawas Facebook adalah badan ahli yang akan meninjau “keputusan sulit dan signifikan” yang dibuat oleh jejaring sosial. Pada dasarnya, Dewan ada untuk memastikan Facebook tidak melanggar aturan atau hukum apa pun dalam pengambilan keputusannya.

Facebook memang mendirikan dan mendanai Dewan, tetapi itu adalah badan independen tanpa melibatkan karyawan Facebook. Dewan memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan yang mengikat. Anggota masyarakat dapat mengajukan banding atas keputusan Dewan.

Artikel Menarik Lainnya :  Spesifikasi Samsung S21 ultra 5G - Kelebihan dan Kekurangannya

Platform Media Sosial Lainnya

Situs media sosial terkenal lainnya seperti Twitter juga menangguhkan Trump karena alasan yang sama seperti Facebook. Twitter telah melarang Trump dari platform selamanya .

Keputusan Dewan Pengawas tentang penangguhan Akun Facebook Donald Trump dari platform hanya berlaku untuk Facebook. Tidak ada situs lain yang terikat oleh keputusan tersebut, jadi masih belum jelas apakah ada platform media sosial lain yang akan mempertimbangkan kembali larangan Trump.

banner 120x600
  • Bagikan