Inilah Fitur Keunggulan Teknologi Jaringan 5G

  • Bagikan
Inilah Fitur Keunggulan Teknologi Jaringan 5G
bitcoin

Sebarkan.info – Keunggulan Teknologi Jaringan 5G. Fase pertama dari platform nirkabel 5G telah resmi diluncurkan beberapa hari yang lalu, dan ditujukan untuk pengguna perangkat 5G di banyak wilayah metropolitan. 5G bertujuan untuk hidup berdampingan dengan peralatan komunikasi nirkabel generasi sebelumnya, terutama 4G LTE.

Tujuan utama dari Teknologi Jaringan 5G adalah untuk memungkinkan penyedia layanan telekomunikasi untuk menyediakan serangkaian layanan bandwidth yang lebih tinggi pada spektrum yang baru dialokasikan.

Inilah Fitur Keunggulan Teknologi Jaringan 5G

Keunggulan Teknologi Jaringan 5G dibandingkan jaringan 4G

Keuntungan paling jelas dari Teknologi Jaringan 5G dibandingkan 4G adalah kecepatan jaringan. Namun, mengurangi latensi juga memiliki beberapa keuntungan—yang berarti waktu respons lebih cepat dan kecepatan unduh lebih cepat. Karena peningkatan efisiensi operasional, ini membuka banyak aplikasi potensial di seluruh industri.

Banyak dari kemajuan teknologi ini akan diberikan dengan mengurangi latensi, memungkinkan perangkat 5G untuk merespons perintah lebih cepat. Latensi adalah penundaan antara mengeluarkan perintah dan menerima respons.

Teknologi ini juga akan memiliki kapasitas yang lebih besar dari teknologi jaringan sebelumnya. Akan memiliki akses ke spektrum frekuensi yang lebih besar pada frekuensi yang lebih tinggi, yang berarti bahwa jaringan akan mampu menangani lebih banyak aplikasi permintaan tinggi pada saat yang bersamaan.

Fitur Teknologi Jaringan 5G

1. Unduhan lebih cepat-dalam kisaran gigabit per detik dan lebih tinggi

Dalam survei baru-baru ini, 48% orang mengatakan bahwa manfaat Teknologi Jaringan 5G tertinggi tidak perlu lagi menggunakan layanan Wi-Fi publik, dan jumlah yang sama menunjukkan bahwa kecepatan penelusuran sangat cepat.

Artikel Menarik Lainnya :  Smartwatch Facebook Dibekali 2 Kamera yang Dapat Dilepas

2. Lebih banyak jenis peralatan untuk penggunaan pribadi dan bisnis

Bukan hanya smartphone yang lebih cepat atau unduhan yang lebih cepat. Teknologi Jaringan 5G akan merevolusi banyak industri dan menciptakan lini teknologi inovatif baru. Mobil self-driving telah dikembangkan selama bertahun-tahun-sekarang, dengan adopsi 5G yang meluas, mobil pintar yang dimiliki oleh konsumen sudah dekat.

3. Latensi jaringan ujung-ke-ujung yang lebih rendah

5G hampir menghilangkan waktu tunda yang diperlukan untuk komunikasi antara perangkat dan jaringan. Mainkan game online favorit Anda secara akurat dan hindari kerugian yang disebabkan oleh masalah koneksi. Dalam industri medis berisiko tinggi, alat misi penting seperti peralatan bedah otomatis yang membutuhkan latensi sangat rendah sedang beralih dari konsep ke aplikasi.

4. Fleksibilitas dengan network slicing dan Bandwidth Parts (BWP)

Baik Anda berencana menggunakan 5G untuk menghubungkan gadget melalui Internet of Things, atau hanya menginginkannya untuk streaming video berkecepatan tinggi, network slicing memungkinkan Anda untuk menentukan aliran tertentu berdasarkan tujuan infrastruktur nirkabel.

Tidak seperti desain untuk 4G, Anda dapat mengalokasikan hingga empat saluran dengan kasus penggunaan berbeda untuk jaringan 5G.

5. Internet of Things skala besar dengan perangkat pintar berdensitas tinggi.

5G tidak hanya akan mengaktifkan fitur-fitur luar biasa ini, tetapi juga akan menghilangkan beberapa keluhan umum tentang penggunaan jaringan yang lebih lama (4G dan sebelumnya).

Artikel Menarik Lainnya :  Lenovo Terbaru 2021 - Hadir Dengan Teknologi Pendingin Pertama di Dunia

5G akan memecahkan masalah yang telah mengganggu teknologi yang ada selama bertahun-tahun, seperti panggilan video berpiksel, waktu buffer yang lama untuk streaming film, dan penundaan antara mengunggah dan berbagi konten.

Seberapa cepat 5G dibandingkan dengan 4G dan 3G

Jika 5G mencapai kecepatan data yang diharapkan 10 Gps, itu akan menjadi 100 kali lebih cepat dari 4G standar. Kecepatannya juga akan 30 kali lebih cepat dari standar 4G canggih seperti LTE-A. Namun, bahkan dengan perkiraan yang lebih konservatif, ia dapat dengan mudah melampaui 3G dan 4G.

Kecepatan unduh rata-rata 3G adalah 8Mbps, hingga 384Kbps, kecepatan unduh rata-rata 4G adalah 32,5MBps, hingga 100Mbps. 4G+ rata-rata 42Mbps, kecepatan unduh maksimum 300Mbps. Sebaliknya, kecepatan unduh rata-rata 5G adalah 130-240Mbps, dan maksimum teoretisnya adalah 1-10Gbps.

Artinya, misalnya, mungkin diperlukan waktu 4 hingga 40 detik untuk mengunduh film full HD di 5G, sementara hanya butuh lebih dari 7 menit di 4G, dan lebih dari sehari di 3G.

banner 120x600
  • Bagikan