Kenali 4 Tanda Perangkat Android Terkena Malware

  • Bagikan
Kenali 4 Tanda Perangkat Android Terkena Malware
bitcoin

Sebarkan.info – Tanda Perangkat Android Terkena Malware. Ponsel cerdas dan tablet Android kami adalah perangkat yang sangat personal. Mereka adalah rumah digital kita, dan kita harus waspada terhadap penyusup eksternal.

Karena popularitasnya, Android telah menjadi sasaran para penjahat digital. Meskipun kami dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi ponsel cerdas kami, terkadang malware dapat menyelinap masuk.

Meski malware Android bisa tidak diketahui, namun biasanya ada tanda dan gejala keberadaannya. Kita memiliki tanggung jawab untuk menyadari apa itu dan mengambil tindakan untuk melindungi ponsel kita.

Apa itu malware di Android?

Meskipun kita sering menganggap malware sebagai virus, penyebab utama perangkat Android adalah malware. Kami cenderung menggunakan “virus” sebagai singkatan untuk kategori item, yang mungkin mencakup spyware, ransomware, adware, dan aplikasi lain yang dapat membahayakan data pribadi Anda.

Kenali 4 Tanda Perangkat Android Terkena Malware

Tanda Perangkat Android Terkena Malware

Malware mungkin meninggalkan beberapa jejak di perangkat Anda. Waspadalah terhadap masalah-masalah ini.

1. Muculnya banyak iklan

Perangkat Android Terkena Malware. Iklan adalah norma di Internet, tetapi jika Anda melihat iklan mengganggu yang tidak biasa atau pop-up yang tampaknya acak, harap berhati-hati. Ini mungkin merupakan indikator malware, atau mungkin pembajak peramban.

2. Baterai cepat habis

Perangkat Android Terkena Malware. Ini mungkin merupakan tanda dari beberapa kemungkinan masalah. Anda mungkin memiliki aplikasi sah yang memerlukan baterai, atau baterai Anda mungkin telah melampaui masa pakainya—tetapi malware juga dapat berjalan di latar belakang.

Artikel Menarik Lainnya :  Kenapa HP Android Lambat Seiring Waktu, Inilah 5 Penyebabnya?

3. Lonjakan penggunan data

Perangkat Android Terkena Malware. Beberapa aplikasi malware diketahui mengkonsumsi data internet Anda. Bahkan jika Anda belum mengubah kebiasaan ponsel Anda, Anda mungkin melihat lonjakan aneh dalam penggunaan data.

4. Muncul aplikasi yang tidak terduga

Perangkat Android Terkena Malware. Jika salah satu gejala di atas membuat Anda curiga, maka Anda harus memeriksa aplikasi mana yang diinstal pada ponsel Anda. Buka “Pengaturan”, ketuk “Terapkan” dan perluas daftar untuk melihat isinya. Cari aplikasi yang tidak Anda kenali atau tidak ingat untuk dipasang.

Salah satu strateginya adalah membiarkan aplikasi malware menginstal sendiri dan kemudian menghilang. Ini akan meninggalkan tanda kosong di laci aplikasi Anda.

Cara menghapus aplikasi malware di Android

Perangkat Android Terkena Malware. Jika Anda merasa memiliki aplikasi berbahaya di perangkat Android Anda, inilah saatnya untuk menyingkirkannya. Pertama, letakkan ponsel Anda dalam mode aman, yang akan menonaktifkan aplikasi pihak ketiga.

Cara melakukannya dapat bervariasi tergantung pada ponsel Anda, tetapi dalam kebanyakan kasus, ini melibatkan menahan tombol daya lalu mengetuk dan menahan daya untuk mematikan. Saat diminta untuk mem-boot ulang ke mode aman, klik OK.

Sekarang mari kita hapus aplikasi yang menyinggung. Buka “Pengaturan” dan ketuk “Aplikasi dan Pemberitahuan”. Anda mungkin perlu mengeklik opsi Lihat semua untuk melihat daftar lengkap aplikasi. Temukan program yang bermasalah dan klik Uninstall. Mulai ulang ponsel atau tablet Anda seperti biasa untuk kembali ke mode operasi normal.

Artikel Menarik Lainnya :  Cara Mudah Melindungi WhatsApp Dari Hacker

Lindungi perangkat Android Anda dari malware

Setelah menghapus program malware yang mengganggu, Anda perlu memastikan perangkat Anda aman. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu melindungi gadget Android Anda dari serangan malware:

Hati-hati dengan semua unduhan aplikasi-bahkan dari Google Play Store

Google Play memiliki begitu banyak masalah yang bahkan perusahaan tidak dapat mengikutinya. Korban yang tidak curiga segera mengunduh aplikasi yang terinfeksi dan berbahaya setiap hari, jadi aturan praktis yang baik adalah jangan pernah mengunduh aplikasi kecuali Anda tahu itu aman.

Instal pembaruan terbaru

Perbarui sistem dan aplikasi Android Anda untuk memanfaatkan peningkatan keamanan terbaru. Lebih baik lagi, atur pembaruan otomatis untuk aplikasi Anda dengan membuka aplikasi Google Play, klik Menu dan Pengaturan secara bergantian, buka Aplikasi pembaruan otomatis dan pilih metode pembaruan yang Anda inginkan.

Jangan mengklik tautan yang tidak jelas dalam teks atau email, dan gunakan kata sandi yang kuat untuk akun Anda.

Kesimpulan

Melindungi perangkat Android Anda sangatlah penting. Perhatikan tanda-tanda malware dan ambil langkah yang diperlukan untuk membersihkan ponsel atau tablet Anda.

banner 120x600
  • Bagikan