Teknologi Internet Of Things (ioT) – Definisi, Sejarah, Fungsi Serta Cara Kerjanya

  • Bagikan
Internet Of Things (ioT) - Definisi, Sejarah, Fungsi Serta Cara Kerjanya
bitcoin

Sebarkan.info – Teknologi Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik yang dilengkapi dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya. “Objek” yang terhubung ke Internet ini dapat bertukar data waktu nyata dengan perangkat dan sistem lain yang terhubung melalui jaringan. Perangkat yang terhubung ini digabungkan dengan sistem otomatis untuk mengumpulkan data IoT, yang dapat dianalisis untuk membantu menyelesaikan tugas atau mempelajari cara meningkatkan proses.

Selain banyak manfaat yang diberikan oleh Internet of Things, ada juga kekhawatiran tentang privasi dan keamanan kumpulan data, alamat IP, dll. Industri dan pemerintah memecahkan masalah ini dengan merumuskan standar internasional untuk Internet of Things.

internet of things (ioT) - Definisi, Sejarah Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Definisi Internet of Things

Internet of Things adalah jaringan objek fisik yang terhubung ke Internet, sehingga dapat bertukar data dan informasi untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, layanan, dll.

Teknologi Internet of Things dapat ditemukan di banyak tempat termasuk industri, membuat konsep rumah pintar menjadi kenyataan dan bahkan membantu infrastruktur seluruh kota pintar.

Kapan internet of things (ioT) dibuat?

Seperti disebutkan di atas, Internet of Things diciptakan berdasarkan serangkaian perkembangan dan terobosan sebelumnya. Mesin penjual otomatis Universitas Carnegie Mellon dipasang pada tahun 1982, tetapi ini tidak dapat disebut sebagai awal dari keseluruhan IoT.

Ide Internet of Things diciptakan pada tahun 1991 dan dikembangkan lebih lanjut ke tahun 1990-an ketika Reza Raji menjelaskan konsep pada IEEE Spectrum pada tahun 1994. Dari 1993 hingga 1997, Bill Joy membayangkan komunikasi perangkat-ke-perangkat sebagai 1999 Bagian dari Kerangka “Six Webs” di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Artikel Menarik Lainnya :  Cara Gampang Melacak Lokasi Dari Whatsapp

Istilah sebenarnya “Internet of Things” diciptakan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999, meskipun waktu ketika objek terhubung langsung ke Internet sebenarnya dimulai antara tahun 2008 dan 2009.

Internet Of Things (ioT) - Definisi

Fungsi Teknologi IoT?

Teknologi IoT digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari penggunaan rumah tangga seperti keamanan rumah, termostat dan perlengkapan pencahayaan, hingga penggunaan industri untuk pembuatan, aplikasi pertahanan, dan banyak lagi. Berbagai aplikasi ini secara luas dapat dibagi menjadi penggunaan komersial, konsumen, industri dan infrastruktur.

Berikut beberapa aplikasi umum teknologi IoT:

  1. Aplikasi Konsumen
  2. Aplikasi Rumah Pintar
  3. Aplikasi Perawatan
  4. Aplikasi Medis dan Perawatan Kesehatan
  5. Aplikasi Transportasi
  6. Membangun Aplikasi
  7. Aplikasi Industri
  8. Aplikasi Manufaktur
  9. Aplikasi Pertanian
  10. Aplikasi Infrastruktur
  11. Aplikasi Metropolitan
  12. Aplikasi Manajemen Energi
  13. Aplikasi Pemantauan Lingkungan
  14. Aplikasi Militer
internet of things (ioT) - Definisi, Sejarah Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara kerja internet of things (ioT)

Karena perkembangan dan penyatuan teknologi, analisis waktu nyata, sensor, sistem tertanam, sistem nirkabel, otomatisasi, sistem kontrol, dan pembelajaran mesin, IoT menjadi mungkin.

IoT bekerja melalui perangkat dan objek dengan sensor bawaan yang terhubung ke Internet dan berbagi data ke platform yang dapat menerapkan analitik dan berbagi informasi dengan aplikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Platform IoT dirancang untuk menentukan data mana yang berguna dan data mana yang dapat dibuang untuk mendeteksi pola, membuat rekomendasi, dan menemukan masalah (biasanya sebelum terjadi)

Ini membuat proses lebih efisien dan memungkinkan tugas tertentu diotomatiskan, terutama tugas yang berulang, memakan waktu, atau berbahaya. Misalnya, jika Anda sedang mengemudi dan melihat bahwa indikator kesalahan mesin menyala, mobil yang Anda sambungkan dapat memeriksa sensor dan berkomunikasi dengan sensor lain di dalam kendaraan sebelum mengirimkan data ke pabrikan. Pabrikan kemudian dapat berjanji kepada distributor terdekat Anda untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan memastikan bahwa suku cadang yang diperlukan sudah siap saat Anda tiba.

Artikel Menarik Lainnya :  5 Tips Aman Internetan Menggunakan Wi-Fi Publik

Kesimpulannya

Internet of Things memberikan banyak manfaat untuk aplikasi mulai dari penggunaan rumah tangga sehari-hari hingga pemantauan industri, manufaktur, dan bahkan seluruh kota pintar. Meskipun masih ada kekhawatiran tentang keamanan perangkat IoT, peningkatan keamanan, efisiensi, dan manajemen waktu hanyalah beberapa manfaatnya.

Namun, dengan pertumbuhan konektivitas, Internet of Things dapat menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

banner 120x600
  • Bagikan