5 Tips Aman Internetan Menggunakan Wi-Fi Publik

  • Bagikan
5 Tips Aman Internetan Menggunakan Wi-Fi Publik
bitcoin

Sebarkan.info – Orang-orang kecanduan Wi-Fi publik gratis. Mereka membutuhkannya, mereka menginginkannya, dan dalam kebanyakan kasus, mereka tidak berpikir dua kali untuk terhubung ke jaringan apa pun yang dapat membuat mereka tetap online.

Bagi banyak orang, hotspot Wi-Fi publik terlalu nyaman untuk diabaikan. Tetapi kebanyakan orang tidak dapat membedakan antara jaringan Wi-Fi yang aman dan jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

5 Tips Aman Internetan Menggunakan Wi-Fi Publik

5 Tips Aman Internetan dengan Wi-Fi Publik

Lebih dari 75% responden mengakui bahwa mereka menggunakan hotspot Wi-Fi tanpa perlindungan yang tidak memerlukan kata sandi. Jaringan terbuka semacam ini bisa berbahaya. Orang jahat dapat dengan mudah mencegat dan membaca lalu lintas yang tidak terenkripsi.

Namun, Anda dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan sederhana untuk melindungi diri sendiri.

1. Lindungi diri Anda di Wi-Fi publik

Salah satu trik paling umum yang digunakan oleh peretas adalah nongkrong di tempat yang ada Wi-Fi publik dan mencoba menipu Anda untuk masuk ke jaringan serupa. Anda dapat memunculkan daftar hotspot Wi-Fi yang tersedia dan melihat beberapa hotspot dengan nama yang mirip.

Menghubungkan ke orang yang salah dapat memberi orang jahat itu akses langsung ke data Anda. Anda harus memastikan untuk memilih yang benar, bukan hanya yang memiliki sinyal terkuat.

2. Gunakan jaringan Wi-Fi pribadi

Jika memungkinkan, sambungkan ke hotspot dengan ikon kunci dan masukkan kata sandi. Biasanya ini adalah jaringan wifi yang dibuat oleh individu atau restoran atau bisnis lokal. Ikon kunci menunjukkan jaringan yang aman, dan kata sandi dapat mencegah peretas yang mungkin ingin mengakses sistem.

Artikel Menarik Lainnya :  Cara Mematikan Update Windows 10 Otomatis

Jika peringatan keamanan muncul saat Anda mencoba menyambungkan, sistem operasi Anda mungkin memberi tahu Anda bahwa mungkin ada masalah. Perhatikan peringatan dan matikan wi-fi.

3. Gunakan VPN

Apakah VPN aman? Terlepas dari cara Anda terhubung ke Internet, salah satu pertahanan terbaik yang dapat Anda miliki adalah menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN). Dengan menginstal aplikasi VPN di perangkat Anda, Anda dapat membuat tautan pribadi antara perangkat Anda dan VPN. Ini mengaburkan status online Anda.

Bahkan jika seseorang ingin mengintip siapa yang ada di jaringan Wi-Fi publik, mereka hanya dapat melihat alamat IP dari host VPN, bukan alamat IP Anda. Ini juga akan mengenkripsi semua aktivitas Anda, sehingga hampir tidak mungkin bagi pengintai.

4. Gunakan hotspot Anda sendiri

Jangan gunakan koneksi Wi-Fi publik. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menggunakan ponsel Anda atau perangkat berkemampuan Internet lainnya sebagai hotspot yang dilindungi kata sandi. Berikut ini adalah bagaimana Anda beroperasi pada sistem operasi yang berbeda:

  1. Perangkat iOS: Pengaturan> Wi-Fi> Hotspot Pribadi
  2. macOS: Menu> Preferensi Sistem> Berbagi
  3. Perangkat Android: pengaturan cepat
  4. Windows 10: Pengaturan> Jaringan dan Internet> Hotspot Seluler

Sebelum mengaktifkan hotspot di perangkat Anda, Anda perlu memeriksa dengan operator Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan.
Pilihan lainnya adalah menggunakan hotspot portabel.

Artikel Menarik Lainnya :  Begini Cara Perpanjangan SIM Online

5. Nonaktifkan berbagi

Saat Anda menggunakan wifi publik untuk mencetak file, menyambung ke layar kedua, atau aktivitas lainnya, Anda mungkin juga perlu mengizinkan layanan berbagi tertentu. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, membuka opsi berbagi atau menyambung ke perangkat yang salah dapat membuka perangkat Anda bagi peretas.

Pastikan sistem operasi Anda diatur untuk melarang berbagi file tanpa izin Anda. Di Windows 10, Anda akan melihat opsi ini di bawah “Pengaturan”> “Jaringan dan Internet”> “Wi-Fi”> “Ubah opsi berbagi lanjutan”. Pada printer, mungkin sesederhana memilih “Matikan berbagi file dan printer”. Tetap mengaktifkan setelan berbagi memungkinkan orang lain mengakses file Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Kesimpulan

Jika Anda tidak tahu apakah hotspot tersebut tidak aman, sebaiknya pastikan perangkat Anda dilengkapi dengan perlindungan yang tepat. Setidaknya (kecuali Anda memiliki perangkat iOS) Anda harus menggunakan versi sistem operasi terbaru, browser Anda harus diperbarui sepenuhnya, dan program antivirus Anda harus diperbarui.

banner 120x600
  • Bagikan